RSS

Jurnalistik


Jurnalistik adalah, suatu kegiatan pengumpulan data yang berupa fakta lalu menyiarkannya.


Bahan mentah yang dibutuhkan dalam kegiatan juralistik iu sendiri hayalah berupa fakta (kebenaran yan dapat diserap oleh para panca indra) yang harus faktual(bisa dibuktikan kebenarannya).


Sedangkan jurnalis itu sendiri adalah orang yang mencari fakta yang faktual lalu menyiarkannya di media massa, baik media cetak maupun media elektronik.

Pekerjaan para jurnalis sangatlah berat, baik dlam pencarian data maupun dalam penyampaiannya. Dalam pencarian data, mereka tidaklah boleh asal dalam mengumpulkan fakta-fakta. Karena bila fakta tersebut tidak faktual, maka mereka akan disebut pembuat kebohongan pubik.

Maka dari itu, para jurnalis haruslah mempunyai syarat-syarat dibawah ini :

1. Harus bisa bercerita
Para jurnalis, haruslah bisa bercerita atau menceritakan para fakta yang telah dikumpulkannya kepada para audience ecara sangat menarik. Cara berceritanya pun haruslah memperhatikan tata bahasa dan tidak boleh asal. Dan pada saat bercerita, para jurnalis haruslah yang up to date dan dapat mempengaruhi audience.

2. Harus mengetahui audiencenya
Para jurnais haruslah memperhatikan lingkungannya. Tulisannya pun harus disesuaikan kepada audience yang akan disajikan.

3. Harus jeli
Para jurnalis haruslah aktif dan jei dalam mencari fakta berupa beritaatau informasi. Selin itu mereka juga harus sigap, cepat dan tangkas dalam mengumpulkan bahan-bahan mentah yang akan dijadikan berita atau informasi.


Proses Jurnalistik :

1. Temukan topik dengan sudut pandang yang baru.
2. Kumpulkan informasi secara sistematis.
3. Tulis sesuatu yang bikin penasaran pada alinea pertama
4. Susun informasi secara sistematis.
5. Gunakan bahasa yang sesuai dengan audiencenya.
6. Revisi dan koreksi kembali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar